Jumat, 16 Desember 2011

Sejarah Toyota Crown, sampai Generasi ke-13 (50th)




Pertengahan era 50-an mobil-mobil Amerika dan Eropa begitu mendominasi, nyaris tidak ada yang melirik Toyota Crown. Tapi adakah dari merek-merek itu yang bertahan selama Toyota Crown?

Derita kekalahan Perang Dunia II belum terhapus seluruhnya dari benak rakyat Jepang ketika para insinyur Toyota Motor Corp. memperkenalkan sedan terbaru mereka saat itu, Toyota Crown. Saat itu, tahun 1955, merek-merek Amerika dan Eropa begitu mendominasi, nyaris tidak ada yang melirik Toyota Crown. Tapi adakah dari merek-merek itu yang bertahan selama Toyota Crown?

Lebih dari 50 tahun sudah usianya dan menjadi salah satu model tertua dalam line up Toyota. Toyota Crown sangat populer di Jepang. Selama lima dekade, Crown mengabdi sebagai alat tranportasi petinggi negeri, aparat kepolisian hingga taksi - di Hong Kong, Crown juga jadi taksi-. Di Indonesia, Crown lebih dikenal sebagai sedan termewah Toyota yang awet dan handal.

Generasi-demi generasi berganti dan Toyota Crown justru makin tampak muda dan segar. Generasi ke-13 yang sekarang beredar, terdiri dari 6 varian, yaitu Royal, Athlete, Hybrid, Majesta, Sedan dan Comfort. Royal selalu jadi yang paling banyak dibeli. Varian ini berorientasi comfort. Athlete adalah satu-satunya Crown dengan kecederungan driver-oriented. Hadir sejak generasi ke-11 tahun 1999, model ini berhasil mengubah persepsi Crown yang selama ini dianggap mengedepankan fungsi comfort dan conservative. Hybrid menggunakan teknologi hybrid dan menunjukkakn mobil berukuran besar juga bisa ramah lingkungan. Majesta adalah varian termewah, paling atas dan satu-satunya bermesin V8. Crown Sedan adalah adalah varian untuk kebutuhan pemerintah dan aparat kepolisian. Karena itu harganya relatif murah. Yang lebih terjangkau lagi adalah Crown Comfort yang banyak dipakai untuk taksi.
Lebih sporty
Toyota Crown AthleteGenerasi ke-13 tampil lebih sporty, lebih muda dan lebih segar dibandingkan pendahulunya. Grille dan bumper depan lebih stylish dengan disain lampu depan lebih radikal. Sudut kaca depan lebih landai dan melahirkan kesan sporty dan cepat.Fender depan lebih seksi dan memperkuat kesan sporty.

Kesan sporty juga mengalir ke interiornya. Tentu saja tidak menghilangkan kesan mewah, ciri khas Crown. Ruang lega juga jadi ciri khas Crown. Penumpang belakang di manjakan dengan independent climate control plus ozone purifier, kursi pijat, lemari pendingin, sandaran tangan di tengah yang dilengkapi control audio dan ventilasi udara tambahan di langit-langit. Inilah fitur-fitur yang sangat akrab dengan pecinta Crwon karena selalu ada di setiap generasi.

Pecinta Toyota Crown punya pilihan empat mesin. Royal menggunakan mesin V6 masing-masing 2.5 liter dan 3.0 liter. Athlete, yang paling atletis, menggunakan mesin 3.5 liter V6 yang juga dipakai Lexus GS350. Mesin ini memproduksi daya 315hp dan 278lb-ft dan akselerasi 0-60mph kurang dari dari enam detik. Selain mesin bertenaga, handling-nya juga mengalami penyempurnaan signifikan.
Mesin lain, tentu saja, THS II hybrid power yang juga dipakai Lexus GS450. Mesin ini kombinasid ari 3.5 liter V6 dengans epasang motor listrik. Kombinasi keduanya menghasilkan 345hp dan torsi sangat kuat di putaran rendah. Tidak seperti mild hybrid seperti yang dipakai Crown generasi sebelumnya, system yang dipakai sekarang sepenuhnya hybrid atau dengan kata lain, Crown bisa sepenuhnya bergerak hanya dengan energi listrik saja, seperti Toyota Prius. Itu dimungkinkan karena motor listriknya saja bisa memproduksi daya maksimal 200hp.

Sebagai salah satu kendaraan kelas atas, Crown dibekali teknologi safety terbaik. Diantaranya teknologi pre-crash system yang bisa mendeteksi kemungkinan tabrakan dan meminimalisir kemungkinan cidera penumpang. Teknologi ini memanfaatkan microwave radar, lalu mengaktifkan alarm, melakukan pengereman dan mengencangkan seatbelt. Tidak banyak model di dunia yang memiliki teknologi ini. Teknologi canggih lainnya adalah driver monitoring system seperti yang dipakai di Lexus LS600h untuk mendeteksi pengemudi ngantuk, lalu mencoba menyadarkan kembali. Lainnya Night View System dengan bantuan infra merah untuk meningkatkan keamanan perjalanan di malam hari.

Semangat Toyota Crown untuk terus memberikan yang terbaik bagi pecintanya, membuatnya terus hadir dengan peforma terbaik seiring tuntutan zaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar